Selamat Datang di Website Resmi Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua. Alamat:Jln.Argapura 9,Kotak Pos 1160,Jayapura 99222,Papua, Fax: (0967)533192 informasi mail : wirewit.gkiditanahpapua@gmail.com / hp : (+62) 0821-9930-1804

Penembakan di kampung Wanampompi – Yapen

1 Desember 2015 dan Aparat Gabungan TNI POLRI Memukul dan
Menangkap Puluhan Masyarakat Asli papua di Oyehe Nabire Papua
KPKC ,GKI-DiTanah Papua, 21 Januari 2016

Daftar Nama Korban
No. Nama Keterangan
1 Erik Manitori
Meninggal (ditembak dan disiksa)
2 Yonas
Meninggal (ditembak)
3 Darius Andiribi
Meninggal (ditembak)
4 Yulianus Robaha
Meninggal ( ditembak dikaki kemudian disiksa)
5 Toni Runaweri
Mengalami luka tembak di kepala, tembus ke mulut
6 Paulinus Warrimuri
Luka tembak dirusuk
7 Zakarias Torobi
Luka tembak di betis kiri
8 Daud Ayomi
Luka dibahu kiri
9 Filemon Ayomi
Luka tembak di tangan kanan dan betis kiri
10 Yance Manitori
Luka di Lutut, mata kaki kiri dan kaki kanan
11 Alius Karimati
Luka di telapak tangan kanan
12 Agus Manitori
Luka di tangan kiri, dan di paha kiri,betis kiri kanan terkena tembakan
Penembakan di kampung Wanapompi – Yapen 1 Desember 2015

Pada Tanggal 1 Desember 2015 sekitar jam 03:00-07:30, Erick Manitori bersama kawankawannya mengibarkan bendera Bintang Kejora didepan rumah Erik Manitori dikampung Wanampompi, Serui Kabupaten Yapen. Setelah upacara pengibaran bendera selesai Erik Manitori bersama rekan-rekannya beristihat di rumahnya.Kurang lebih jam 8.00 pagi, pasukan gabungan TNI-POLRI mendatangi Erik dan Rekan-rekannya, menembak 4 orang mati atas nama; Erik Manitori, Yonas Manitori ,Darius Andiribi, dan Yulianus Robaha dan 8 lainya mengalami luka tembak.

Photo by JPIC GKI Di Tanah Papua-01Kronologis
Pada tanggal 1 Desember 2015 jam 03:00 – 07:30 waktu setempat, Erick Manitori bersama kawan-kawannya mengibarkan bendera Bintang Kejora di depan rumah Erik Manitori di kampung Wanampompi, Serui, kabupaten Yapen. Setelah upacara pengibaran bendera selesai Erik Manitori bersama rekan-rekannya beristihat di rumahnya. Kurang lebih jam 08:00,pagipasukan gabungan TNI-Polri menggunakan 2 mobil jenis Estrada, 1 Mobil jenis Avansa dan 1 truk dalmas (pengendali massa). Pasukan berhenti di pinggir jalan dan meminta Eric bersama bersama pasukannya untuk bertemu. Erik dan beberapa pengikutnya naik ke jalan raya untuk bertemu pasukan gabungan tersebut, namun dalam jarak 15 – 20 di jalan raya, jarak sekitar 50 meter dari tiang bendera mereka (Erik dkk) langsung ditembak mati oleh aparat gabungan. 2 orang tertembak mati di tempat, yakni: Yonas Manitori (adik kandung dari Erick Manitori) dan Darius Andiribi, sedangkan Erik Manitori dan Yulianus Robaha ditembak di kaki dan diseret naik ke dalam truk polisi dan langsung dibawa ke UGD (Unit Gawat Darurat) RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Serui. Dalam perjalanan mereka berdua disiksa hingga meninggal. Perut Erik Manitori disobek,serta dengan sangkur hingga isi perutnya keluar, tangan dan kaki juga di patahkan. Hal ini yang membuat mereka berdua tak tertolong di UGD RSUD Serui. Saat peristiwa terjadi para korban yang terluka maupun meninggal tak bersenjata. 8 korban lainnya terluka parah namun masyarakat kampung Wanampompi berhasil melarikan para korban ke hutan dekat kampung dan dievakuasi ke Randawaya Rumah sakit umum Serui. Kondisi para korban mulai stabil saat di evakuasi ke rumah sakit umum Biak, satu pasien telah di rujuk untuk di operasi di Makasar atas nama Toni Runaweri, akibat peluru yang masih bersarang di kepala.


Artikel, Bidang, KPKC or JPIC, Lapoaran JPIC GKI ini ditulis pada : 14 Februari 2016 | Oleh : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Injil Di Hari :

Sumber Menambahkan Alkitab Di Blog - BaseCamp Setiakawan Follow us: @valenthuba on Twitter | vhuba on Facebook

Pengujung :

Link Internasional :

Twitter RESMI :

Galeri Foto

Kumpulan Foto Kegiatan GKI Di Tanah Papua

Galeri Video

Kumpulan Video Kegiatan GKI Di Tanah Papua

PROFIL BPAM SINODE GKI DI TANAH PAPUA 2017-2022

PESAN PASKAH

GKI DI TANAH PAPUA 2017 ( PHOTO DOC )