Selamat Datang di Website Resmi Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua. Alamat:Jln.Argapura 9,Kotak Pos 1160,Jayapura 99222,Papua, Fax: (0967)533192 informasi mail : wirewit.gkiditanahpapua@gmail.com / hp : (+62) 0821-9930-1804

Yayasan Ottow Geissler

YAYASAN OTTOW GEISSLER (YOG)

DI TANAH PAPUA

 TUGAS POKOK YAYASAN

Badan Pengurus Yayasan Ottow Geissler (BP YOG) di Tanah Papua, diangkat oleh Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua dengan Surat Keputusan nomor : 029/G-13/II/2008 tanggal 15 Februari 2008. Dalam kurun waktu 3 tahun masa kerjanya setelah dilantik, Yayasan Ottow Geissler melaksanakan 2 (dua) tugas pokok utama yaitu :

  1. Mengelola dan menyelenggarakan pendidikan tinggi ekonomi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ottow Geissler Jayapura
  2. Pengurusan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ottow Geissler Jayapura menjadi Universitas Ottow Geissler Papua ke Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia di Jakarta.

Tugas pokok pertama, yaitu pengelolaan STIE Ottow Geissler Jayapura dapat dilaksanakan dengan baik. Setiap tahun STIE berhasil mewisuda para mahasiswa dan untuk tahun akademik  2010/2011 yang diwisuda sebanyak 104 orang orang mahasiswa.

Kebijakan Badan Pengurus Yayasan Ottow Geissler yang memberikan otonomi penuh kepada STIE Ottow Geissler Jayapura dalam pengelolaan keuangan membuat tugas Badan Pengurus Yayasan lebih bersifat memberikan dukungan administrasi untuk kelancaran proses belajar mengajar, terutama bidang kepegawaian dan kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan keterlibatan Yayasan.

Untuk tugas pokok kedua yaitu mengurus perubahan bentuk STIE Ottow Geissler Jayapura menjadi Universitas Ottow Geissler Papua, memang diperlukan waktu, tenaga dan biaya serta kesabaran yang tinggi, karena Universitas Ottow Geissler Papua ini sudah lama dinantikan seluruh warga GKI Di Tanah Papua, sejak diputuskan dalam Sidang Sinode GKI XI di Nabire tahun 1988 dan kemudian dideklarasikan pendiriannya dalam ibadah syukur Perayaan HUT GKI ke 50 (Yubelium) pada tanggal 26 Oktober 2006. Upaya perubahan bentuk STIE menjadi Universitas merupakan pergumulan Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua dan umat Tuhan sehingga harus diputuskan dalam Sidang Raya XII tahun 1994 di Jayapua sebagai bentuk keinginan Gereja untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa di Papua yang merupakan bagian integral dari misi gereja untuk menyatakan tanda-tanda Kerajaan Allah di Tanah Papua.

UPAYA YANG DILAKUKAN MEWUJUDKAN PENDIRIAN UNIVERSITAS

Badan Pengurus Yayasan Ottow Geissler Di Tanah Papua sejak dilantik Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua pada tanggal 15 Februari 2008 telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan perubahan bentuk STIE Ottow Geissler Jayapura menjadi Universitas Ottow Geissler Papua. Berbagai upaya tersebut antara lain :

Menyiapkan proposal dan segala dokumen dari setiap Program Studi yang diusulkan ke Kementrian Pendidikan Nasional RI, yaitu :

  1. Dokumen Program Studi Ekonomi Pembangunan
  2. Dokumen Program Studi Ekonomi Akuntasi
  3. Dokumen Program Studi Manajemen
  4. Dokumen Program Studi Sistem Informasi
  5. Dokumen Program Studi Teknik Geologi
  6. Dokumen Program Studi Sumber Daya Pesisir
  7. Dokumen Program Studi Biologi
  8. Dokumen Program Studi Agroteknologi
  9. Dokumen Program Studi Agribisnis
  10. Dokumen Program Studi Kehutanan

Pekerjaan menyiapkan proposal dari 10 program studi tersebut memerlukan waktu kurang lebih 2 (dua) tahun dan baru pada tanggal 23 Maret 2010 diajukan ke Menteri Pendidikan Nasional RI.

Mempresentasikan setiap program studi yang disusun dihadapan Direktur Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional RI.

Melakukan audience dan pertemuan dengan Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI, bapak Prof. Dr. Fasli Jalal untuk menindaklanjuti usul yang sudah disampaikan.

Melakukan perbaikan-perbaikan terhadap berkas-berkas usulan Universitas, karena ternyata proposal program studi yang disusun masih ada kekurangan termasuk persyaratan yang harus dilengkapi diantaranya :

Kekurangan Tenaga Pengajar (Dosen) Jenjang S2.

Dari 10 program studi yang diajukan ada 4 program studi yang masih kekurangan tenaga pengajar (dosen) jenjang S2, diantaranya Program Studi Sistem Informasi 5 orang, Teknik Geologi 4 orang, Sumber Daya Pesisir 4 orang dan Biologi 2 orang. Sedangkan untuk 6 Program Studi lainnya, tenaga pengajar (dosen) sudah mencukupi kebutuhan.

  1. Kekurangan penjelasan dari program studi yang diajukan seperti visi, misi dan tujuan pendirian program, analisis pasar kerja, studi minat calon mahasiswa dan lain sebagainya.
  2. Bukti pendaftaran bahwa akte Yayasan Ottow Geissler Di Tanah Papua telah terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI.

Selain melengkapi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan Kementrian Pendidikan Nasional RI, ternyata masih ditemui kendala dari aspek hukum berkaitan dengan pendirian perguruan tinggi yaitu dengan pembatalan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang menjadi dasar pendirian Pendidikan Tinggi oleh Mahkamah Konstitusi pada bulan April 2010. Dengan pembatalan Undang-Undang BHP ini, maka Ijin operasional Universitas Ottow Geissler terpaksa tertunda dan tidak dapat diproses karena harus menunggu Peraturan Pemerintah pengganti Undang-Undang BHP.

Setelah tertunda beberapa saat, akhirnya pada tanggal 23 Maret 2011, setahun persis setelah diusulkan pada tanggal 23 Maret 2010, perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ottow Geissler Jayapura menjadi Universitas Ottow Geissler Papua mendapat persetujuan Menteri Pendidikan Nasional RI melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI nomor : 52/E/O/2011 tanggal 23 Maret 2011

STRUKTUR YAYASAN OTTOW GEISSLER

Pelindung : BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua
Ketua Umum : Alex Hesegem, SE
Ketua I : Drh. Constan Karma
Ketua II : Drs. Kaleb Worembay, MM
Sekretaris : M. Panggabean, SH

KANTOR / ALAMAT

Yayasan Ottow Geissler (YOG) Papua

Jalan Argapura  No.9 – Jayapura


Halaman ini diterbitkan pada : 02 Januari 2014 | Oleh : admin

Injil Di Hari :

Sumber Menambahkan Alkitab Di Blog - BaseCamp Setiakawan Follow us: @valenthuba on Twitter | vhuba on Facebook

Pengujung :

Link Internasional :

Twitter RESMI :

Galeri Foto

Kumpulan Foto Kegiatan GKI Di Tanah Papua

peserta temu kerja
Ketua Sinode Bersama Anggota BP Am Wilayah
come-with-me62
IMG_0273
96489275572-20161026_093131

Galeri Video

Kumpulan Video Kegiatan GKI Di Tanah Papua